Majalah Ilmiah Pelita Ilmu
Vol 8 No 1 (2025): PELITA ILMU (JUNI 2025)

PENGUATAN KOMPETENSI CALON GURU DALAM PENDIDIKAN INKLUSI MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG ADAPTIF DAN RESPONSIF

Panglipur, Indah Rahayu (Unknown)
palayukan, Hersiyati (Unknown)
Pradita, Diyah Ayu Rizki (Unknown)
Palengka, Inelsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pendidikan inklusi menuntut kesiapan guru dalam menghadirkan pembelajaran yang adil dan akomodatif bagi seluruh siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus. Namun, banyak calon guru masih mengalami kesulitan dalam merancang pembelajaran matematika yang adaptif dan responsif terhadap keragaman karakteristik peserta didik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi calon guru dalam menerapkan prinsip pendidikan inklusi melalui pelatihan pembelajaran matematika berbasis praktik. Metode kegiatan meliputi penyampaian materi, diskusi, penyusunan RPP adaptif, serta simulasi mengajar berdasarkan studi kasus. Evaluasi dilakukan melalui pretest, posttest, observasi praktik, dan refleksi tertulis. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan peserta, dengan rata-rata skor posttest lebih tinggi dari pretest. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dan keterlibatan aktif selama pelatihan. Mereka mampu menyusun RPP yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus dan melaksanakan simulasi pembelajaran dengan percaya diri. Kegiatan ini memberikan pengalaman nyata yang memperkuat kesiapan profesional calon guru untuk menghadapi kelas inklusif. Dengan demikian, pelatihan ini efektif dalam menjembatani kesenjangan antara teori inklusi dan praktik pembelajaran di lapangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelitailmu

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Majalah Ilmiah Pelita Ilmu is a community service journal published regularly 2 times a year which contains six community service articles each published. Pelita Ilmu Journal is expected to be a medium for findings, innovation, and the application of social science in administration supported by ...