Mejuajua
Vol. 4 No. 3 (2025): April 2025

PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) BAGI MAHASISWA CALON GURU DI STKIP KUMALA

Triyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Kegiatan Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif berbasis AI bagi mahasiswa calon guru di STKIP Kumala Lampung Metro bertujuan membekali mahasiswa dengan keterampilan merancang media pembelajaran kreatif dan efektif yang relevan di era digital. Program ini mendukung kesiapan mahasiswa menghadapi tantangan pendidikan modern serta sebagai bekal kegiatan PPLT. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal, pemaparan materi, sesi praktik langsung menggunakan aplikasi berbasis AI seperti Canva, ChatGPT, Kahoot, dan Quizizz, serta evaluasi melalui angket kepuasan peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi AI untuk pengembangan media pembelajaran interaktif. Berdasarkan umpan balik, 85% peserta menilai materi sangat relevan dan aplikatif, sedangkan 90% menyatakan puas dengan keseluruhan kegiatan. Diskusi dan simulasi pembelajaran membantu peserta memperbaiki media yang mereka kembangkan. Program ini berhasil meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memadukan teknologi dan kreativitas, dengan harapan mampu mendukung pembelajaran yang lebih inovatif dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mejuajua

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Health, welfare based on local wisdom, design and application of appropriate technology, the application of effective communication and learning methods and related ...