Molang: Journal Islamic Education
Vol. 3 No. 1 (2025): MOLANG

TEORI MAKKI-MADANI DALAM STUDI AL-QUR'AN: KLASIFIKASI, KARAKTERISTIK, DAN RELEVANSI KONTEMPORER

Muamanah, Siti (Unknown)
Mustofa, Ihsan (Unknown)
Khairudin, Khairudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2025

Abstract

Teori Makki-Madani merupakan pendekatan dalam studi Al-Qur'an yang bertujuan mengklasifikasikan ayat-ayat berdasarkan periode dan tempat turunnya, yaitu sebelum dan sesudah hijrah Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini mengeksplorasi kriteria, karakteristik, dan relevansi teori Makki-Madani dalam memahami konteks historis dan sosial wahyu. Dengan pendekatan analitis-deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi perbedaan tema, gaya bahasa, serta audiens ayat-ayat Makki dan Madani. Ayat-ayat Makki cenderung berfokus pada keimanan, tauhid, dan moralitas universal, sedangkan ayat-ayat Madani lebih menekankan hukum Islam, hubungan sosial, dan pembentukan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori Makki-Madani memiliki kontribusi signifikan dalam tafsir dan aplikasi hukum Islam, meskipun menghadapi tantangan dalam pengklasifikasian beberapa ayat. Penelitian ini menegaskan pentingnya memahami konteks turunnya wahyu dalam menerapkan ajaran Al-Qur'an secara relevan di masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

molang

Publisher

Subject

Education

Description

Molang: Journal Islamic Education is a leading journal in Islamic education institutions that discusses Islamic education. The journal promotes research and scholarly discussion on Islamic education in academic disciplines and institutions, focusing on advancing formal and non-formal education ...