Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru PAUD dalam Implementasi Kurikulum Merdeka tentang pengembangan kurikulum merdeka, perencanaan pembelajaran, pendekatan dan prinsip pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan asesmen di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survei. Populasi dalam penelitian ini adalah TK yang berada di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah yang terdiri dari 66 lembaga TK dengan jumlah guru 289 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu 29 guru yang berada pada 17 lembaga, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pemahaman guru PAUD dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang terdiri dari 5 komponen. Komponen pertama, pemahaman tentang pengembangan kurikulum merdeka, dengan acuan pengembangan yang digunakan yaitu peraturan pemerintah dengan persentase 65%. Komponen kedua, pemahaman tentang perencanaan pembelajaran dengan persentase 72%, semua guru membuat modul ajar dan RPP dengan mengikuti pedoman yang berlaku. Komponen ketiga, pemahaman tentang pendekatan dan prinsip pembelajaran dengan persentase 75%, guru mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan berbagai pendekatan pembelajaran yang menarik. Komponen keempat, pemahaman tentang implementasi pembelajaran dengan persentase 55%, pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat pada modul ajar dan RPP. Dan komponen kelima, pemahaman tentang asesmen dengan persentase 73%, guru selalu melaporkan hasil belajar anak kepada wali murid secara berkala. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa guru PAUD di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah sudah memiliki pemahaman yang baik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025