Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

EFEKTIVITAS METODE ICE BREAKING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK HIJRATURRASUL

Nuraini (Unknown)
Sukardi (Unknown)
Suarta, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak metode ice breaking untuk peningkatan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Hijraturrasul. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis one group petest-poesttest. Subjek penelitian ini 12 orang anak kelompok B di TK Hijraturrasul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Hasil analisis uji-t menunjukkan hasil thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian treatment. Maka ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternaif (Ha) diterima, yang mana dapat disimpulkan bahwa metode ice breaking efektif terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Hijraturrasul.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...