Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kuraang semangatnya siswa dalam belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKTP . Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga menimbulkan kejenuhan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III SDN Bandar Lor 1 Kota Kediriā. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa banyak peserta didik yang pasif selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas III SD Negeri Bandar Lor 1 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Pengumpulan dan analisis data melibatkan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang terlihat dari ketercapaian nilai tes. Pada siklus II, hasil belajar mengalami peningkatan dengan tingkat ketuntasan mencapai 92,59%, di mana hanya 4ada 2 siswa yang belum mencapai standar, sedangkan 25 siswa lainnya telah memenuhi kriteria ketuntasan tujuan (KKTP) yang ditetapkan. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas III.
Copyrights © 2025