Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Dolok Panribuan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur dan wawancara dengan guru biologi. Hasil menunjukkan bahwa model PBL mendorong siswa untuk aktif, berpikir analitis, dan bekerja secara kolaboratif dalam memecahkan masalah kontekstual. Meskipun awalnya siswa mengalami kesulitan dalam beradaptasi, penerapan PBL secara konsisten dengan pendampingan guru terbukti meningkatkan pemahaman, kepercayaan diri, dan hasil belajar siswa. Temuan ini diperkuat dengan studi literatur dari berbagai penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa PBL efektif tidak hanya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, tetapi juga motivasi dan kreativitas siswa. Oleh karena itu, model PBL direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi kompleks seperti virus.
Copyrights © 2025