Kompetensi profesional guru merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitas pembelajaran, terlebih di tengah tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks. Kompetensi ini mencakup penguasaan materi pelajaran, kemampuan pedagogik, serta keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara kontekstual dan inovatif. Artikel ini mengkaji implementasi kompetensi profesional guru melalui wawancara dengan dua guru matematika di Pekanbaru, yakni di SMPN 45 dan MA Pondok Pesantren Al-Mujtahadah. Hasil menunjukkan bahwa keterbatasan sarana prasarana tidak menjadi penghalang bagi guru untuk terus berkembang, berinovasi, dan menyesuaikan strategi pembelajaran dengan karakteristik peserta didik. Refleksi diri, kolaborasi melalui MGMP, serta pemanfaatan pelatihan daring menjadi bagian penting dalam proses peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan kebijakan dan budaya sekolah yang mendorong pengembangan kompetensi profesional secara berkelanjutan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan bermakna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025