Cendikia Pendidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

TANTANGAN DAN STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA: STUDI KASUS DI SMPN 45 PEKANBARU DAN PONDOK PESANTREN AL MUJTAHADAH PEKANBARU

Rindiani, Rindiani (Unknown)
Winda Atika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Kompetensi profesional guru merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitas pembelajaran, terlebih di tengah tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks. Kompetensi ini mencakup penguasaan materi pelajaran, kemampuan pedagogik, serta keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara kontekstual dan inovatif. Artikel ini mengkaji implementasi kompetensi profesional guru melalui wawancara dengan dua guru matematika di Pekanbaru, yakni di SMPN 45 dan MA Pondok Pesantren Al-Mujtahadah. Hasil menunjukkan bahwa keterbatasan sarana prasarana tidak menjadi penghalang bagi guru untuk terus berkembang, berinovasi, dan menyesuaikan strategi pembelajaran dengan karakteristik peserta didik. Refleksi diri, kolaborasi melalui MGMP, serta pemanfaatan pelatihan daring menjadi bagian penting dalam proses peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan kebijakan dan budaya sekolah yang mendorong pengembangan kompetensi profesional secara berkelanjutan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...