Cendikia Pendidikan
Vol. 14 No. 4 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH MI-MADINAH MONCEK TENGAH LENTENG SUMENEP TAHUN 2021/2022

Khoiriyah (Unknown)
Makniyah, Jauharotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji langkah guru dalam menumbuhkan motivasi belajar fikih serta faktor pendukung dan penghambatnya di MI Al-Madinah. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan validasi triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memotivasi siswa dengan menyusun RPP, mempersiapkan materi, memutar video pembelajaran, dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung mencakup antusiasme siswa, fasilitas memadai, dan jadwal belajar yang efektif. Adapun hambatannya adalah minimnya dukungan orang tua dan kurangnya penerapan materi di rumah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...