Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam

Analisis Semiotika Sastra Ferdinand De Saussure Pada Film Umar Bin Khattab (Episode 01)

Amalia, Nadwa Mutiara (Unknown)
Manfaz, Ala Zulfa (Unknown)
Asaniah, Alwah (Unknown)
Maulidah, Sopi Napilah (Unknown)
Rahmah, Wardah Mutia (Unknown)
Nugraha, Rahmat Mulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tanda-tanda dan mekanisme kerjanya dalam komunikasi manusia. Berasal dari bahasa Yunani, istilah “semiotika” mencerminkan proses menafsirkan dan mengungkapkan makna yang tersembunyi di balik simbol-simbol. Dalam konteks ini, semiotika mengidentifikasi peran tanda-tanda dalam interaksi sosial, mengungkapkan bagaimana makna dibentuk dan ditafsirkan. Sejarah perkembangan semiotika melibatkan pemikiran tokoh-tokoh seperti Plato, Aristoteles, dan Ferdinand de Saussure, yang melihat bahasa sebagai sistem tanda yang bersifat sewenang-wenang dan saling terkait. Selain itu, Charles Sanders Peirce membagi tanda-tanda menjadi ikon, indeks, dan simbol, yang menunjukkan keberagaman dalam penafsiran. Penelitian ini menganalisis simbol-simbol dalam film tentang Umar bin Al-Khattab, yang menggambarkan perannya sebagai pemimpin dalam sejarah Islam. Melalui analisis tanda-tanda yang terkandung dalam film tersebut, penulis mengeksplorasi bagaimana karakter dan kebijakan Umar sebagai khalifah kedua berkontribusi pada perkembangan Islam. Dengan demikian, film ini tidak hanya berfungsi sebagai pendidikan sejarah, tetapi juga menginspirasi nilai-nilai kepemimpinan yang relevan bagi generasi masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kaipi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Kumpulan Artikel Ilmu Pendidikan Islam (KAIPI) is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. The journal promotes research and scholarly discussion concerning Islamic Education in Academic disciplines and Institutions, focusing on advancing formal and ...