Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol. 4 No. 1: APRIL 2025

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ONLINE BAGI PEMULA

Sitti Aisyah Chalik (Unknown)
Anwar Abd. Rahman (Unknown)
Irma Juliana Hasbullah (Unknown)
Muh. Nur Ihsan HB (Unknown)
Amrain, Deefa Augista (Unknown)
Zelviyah Nur Hajma (Unknown)
Rinikmawati. H (Unknown)
Alfiani Irdan (Unknown)
Abdul Jalil (Unknown)
Moh. Rahul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Peralihan sistem pembelajaran dari luring ke daring pasca pandemi COVID-19 membawa dampak signifikan terhadap efektivitas pembelajaran Bahasa Arab bagi pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika yang muncul dalam pembelajaran Bahasa Arab berbasis online pada level dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui telaah kritis terhadap dokumen, artikel, dan laporan penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama terletak pada tiga dimensi: (1) keterbatasan infrastruktur teknologi dan akses internet yang belum merata; (2) hambatan pedagogis berupa minimnya interaksi, kurangnya umpan balik, dan kesulitan penguasaan fonetik serta struktur dasar Bahasa Arab; dan (3) tantangan psikososial seperti rendahnya motivasi, kejenuhan, dan minimnya dukungan lingkungan belajar. Kesimpulannya, pembelajaran Bahasa Arab daring bagi pemula masih menghadapi kendala sistemik yang membutuhkan pendekatan pedagogis yang lebih adaptif, humanistik, dan kontekstual untuk menjamin efektivitas dan kebermaknaan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Alkalim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AlKalim Journal is a periodical scientific journal published two times a year in April and October by Daarul Qimmah Gorontalo. This Jurnal contains scientific articles, research, and research of community society. The aim is to provide readers with a better understanding of Arabic language education ...