JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Pegawai dalam Menunjang Implementasi Sistem Informasi Puskesmas Talang Bakung Kota Jambi

Witri, Repelita (Unknown)
Rohendi, Rohendi (Unknown)
Efawati, Yen (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengembangan pegawai, faktor-faktor penghambat dalam upaya pengembangan pegawai, serta strategi yang mendukung keberhasilan pengembangan pegawai dalam menunjang implementasi Sistem Informasi Puskesmas Talang Bakung Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Responden terdiri dari Kepala Puskesmas, staf, dan tenaga IT Puskesmas Talang Bakung dengan jumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengembangan pegawai di Puskesmas Talang Bakung menerapkan pendekatan holistik. Faktor penghambat dalam menunjang implementasi sistem informasi adalah adanya resistensi terhadap perubahan di kalangan pegawai yang enggan beradaptasi dengan teknologi baru serta infrastruktur teknologi yang belum memadai. Strategi pendukung keberhasilan pengembangan pegawai dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk pelatihan daring, memberikan fleksibilitas bagi pegawai dalam belajar, serta program mentoring. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan Puskesmas dapat meningkatkan pengembangan pegawai dengan mengatasi resistensi terhadap perubahan melalui program mentoring, pelatihan langsung, penerapan buddy system, dan pemberian insentif bagi pegawai berprestasi. Memperkuat kapasitas pegawai lewat pelatihan, memastikan infrastruktur teknologi yang memadai, serta menyusun Standar Operasional Prosedur yang jelas juga diperlukan untuk memastikan sistem informasi dapat berfungsi secara optimal dan efisien.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...