JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Frase Instruksional Pembelajaran Bilingual bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Insani, Hasna Mutia (Unknown)
Adinda, Marsaa Alyaa Aufaa (Unknown)
Khoirunnisa, Rifa Nabila (Unknown)
Tinadi, Silvy Felecia Putri (Unknown)
Aulia, Aida Salsabila (Unknown)
Widagdo, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis frase instruksional dalam pembelajaran bilingual di sekolah dasar, dengan fokus pada penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Pembelajaran bilingual menjadi strategi penting dalam pendidikan modern, mengingat kebutuhan akan penguasaan dua bahasa dalam era globalisasi. Frase instruksional berperan krusial dalam menyampaikan tujuan pembelajaran, arahan, serta interaksi efektif antara guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas frase instruksional dalam mendukung pemahaman siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan frase instruksional bilingual, yang mencakup instruksi akademik, sosial, manajemen kelas, dan evaluasi, dapat meningkatkan kualitas interaksi belajar, memperjelas informasi, dan memfasilitasi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Oleh karena itu, guru diharapkan mampu menguasai penggunaan frase instruksional secara tepat dalam konteks bilingual untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...