JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Canva terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar

Khoirunnisa, Anis (Unknown)
Nurdiansyah, Nurdiansyah (Unknown)
Yogiarni, Tiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Canva terhadap kemampuan berpikir kritis IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, kelas eksperimen menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Canva dan kelas kontrol menggunakan model Group Investigation (GI). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan N-Gain 0,67 (cukup efektif), sedangkan kelas kontrol hanya 0,47 (kurang efektif). Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Canva berpengaruh 46,7% terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Ketujuh komponen Contextual Teaching and Learning (CTL) terbukti efektif mengembangkan kemampuan berpikir kritis menurut indikator Ennis melalui pembelajaran kontekstual yang menyajikan situasi dunia nyata ke dalam kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...