JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Asumsi dalam Penelitian Kualitatif

Nasution, Husaini (Unknown)
Murhayati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Artikel ini membahas secara mendalam tentang pengembangan asumsi dalam penelitian kualitatif yang menjadi fondasi penting dalam merancang dan melaksanakan suatu kajian ilmiah. Asumsi merupakan anggapan dasar yang diyakini kebenarannya dan menjadi titik tolak dalam merumuskan masalah, menentukan subjek penelitian, serta memilih metode yang tepat. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan untuk menelaah berbagai sumber ilmiah terkait. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa dalam paradigma kualitatif terdapat lima jenis asumsi utama, yaitu ontologis, epistemologis, aksiologis, retoris, dan metodologis. Pengembangan asumsi harus mempertimbangkan relevansi dengan tujuan dan disiplin ilmu yang diteliti serta bersifat operasional. Dengan demikian, pemahaman terhadap asas-asas ini akan membantu peneliti memperoleh hasil yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...