JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Infografis Digital untuk Materi Struktur dan Kaidah Teks Prosedur Kelas XI SMA

Kharisma, Yulan Ayu (Unknown)
Citraningrum, Dina Merdeka (Unknown)
Sulistyawati, Endah (Unknown)
Puspitasari, Heni (Unknown)
Putera, Shufi Syahbana (Unknown)
Krisdianti, Cucuk (Unknown)
Agustiningsih, Linda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis infografis digital pada materi struktur dan kaidah teks prosedur untuk siswa kelas XI SMA. Pengembangan media dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa infografis digital mampu menyajikan materi secara visual, ringkas, dan menarik sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep struktur serta kaidah kebahasaan teks prosedur. Uji coba terbatas menunjukkan peningkatan keterlibatan dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media ini. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis infografis digital dapat menjadi alternatif efektif dalam mendukung proses pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada materi teks prosedur, serta relevan untuk diterapkan di lingkungan pendidikan yang semakin digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...