JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Pemahaman Siswa Sekolah Dasar terhadap Struktur Kalimat Perfect Tense dan Past Perfect Continuous Tense

Hapsari, Annisa (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Fariza, Amelia (Unknown)
Nazwa, Fazira (Unknown)
Barus, Aurora Febriani Br (Unknown)
Pangaribuan, Deva Maria (Unknown)
Hutabarat, Enjel Anatasia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemahaman siswa sekolah dasar terhadap perfect tense dan past perfect continuous tense dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui pretest dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 060812, dengan jumlah partisipan sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami struktur dan penggunaan kedua jenis tense tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pembelajaran, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengenali pola kalimat dan waktu penggunaan tenses yang diteliti. Setelah proses pembelajaran dilakukan, hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman, baik dari segi struktur gramatikal maupun penerapan konteks kalimat. Perbandingan hasil pretest dan post-test dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan perubahan tingkat pemahaman siswa secara rinci. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dengan evaluasi bertahap mampu membantu siswa dalam memahami materi tata bahasa yang kompleks..

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...