JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Rencana Pembelajaran Pengajaran Bilingual dan Analisis Pada Sekolah Dasar di Indonesia

Melani, Riski Ayu (Unknown)
Noorkhalisha, Alma Putri (Unknown)
Amanda, Bunga (Unknown)
Aisyah, Diana Shafa Nur (Unknown)
Prismarini, Fernandia (Unknown)
Lestari, Desinta Vita (Unknown)
Widagdo, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Dalam kurikulum Merdeka, modul ajar memainkan peran strategis sebagai alat transformasi pendidikan yang tidak hanya mendukung proses belajar mengajar, tetapi juga memenuhi kebutuhan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis modul ajar pada kelas VI (Fase C) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari berbagai artikel jurnal yang menganalisis artikel yang sesuai dengan analisis modul ajar pada mata pelajaran IPAS kelas 5. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul ajar yang dianalisis telah didesain dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum merdeka. Namun, dengan perbaikan di beberapa elemen, modul ajar akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran dan melengkapi kebutuhan siswa yang beragam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...