JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penggunaan Puzzle Aksara Jawa terhadap Kemampuan Membaca Aksara Jawa Kelas IV SDN Nongkosawit 02

Hidayati, Nuril (Unknown)
Mubarokah, Saniyah (Unknown)
Putri, Elsa Ika (Unknown)
Ardanti, Devara Yogiska (Unknown)
Agry, Feylosofia Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Puzzle Aksara Jawa terhadap kemampuan membaca Aksara Jawa siswa kelas IV SDN Nongkosawit 02. Permasalahan utama yang ditemukan adalah rendahnya kemampuan membaca huruf Jawa akibat kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, pretest, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari 66,09 menjadi 91,41 setelah pembelajaran menggunakan Puzzle Aksara Jawa. Aktivitas belajar yang menyenangkan dan interaktif melalui media puzzle mampu meningkatkan daya ingat dan keterlibatan siswa. Kesimpulannya, penggunaan Puzzle Aksara Jawa efektif meningkatkan kemampuan membaca Aksara Jawa siswa serta membuat proses belajar lebih bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...