JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pemanfaatan Bahasa Pemrograman dalam Pembelajaran Matematika: Tinjauan Literatur terhadap Inovasi Pendidikan Abad 21

Suwanto, Suwanto (Unknown)
Harahap, Almaida (Unknown)
Hulwa, Hulwa (Unknown)
Gukguk, Raudhatul Jannah R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan bahasa pemrograman dalam pembelajaran matematika sebagai bagian dari inovasi pendidikan abad ke-21. Bahasa pemrograman tidak hanya digunakan dalam dunia teknologi, tetapi juga mulai diintegrasikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan keterampilan berpikir komputasional, pemahaman konsep abstrak, dan kreativitas siswa. Melalui telah berbagai jurnal dan artikel ilmiah, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan bahasa pemrograman seperti Python, Scratch, dan GeoGebra dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Selain memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, pemrograman juga membantu siswa mengembangkan pola pikir logis dan sistematis. Meski demikian, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru, keterbatasan infrastruktur, dan beban kurikulum menjadi hambatan dalam implementasinya. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi lintas disiplin dan dukungan kebijakan Pendidikan yang tepat agar integrasi ini dapat berjalan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...