JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model TGT Berbasis Game Educandy terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah

Munthe, Winda Mey Lestari (Unknown)
Siregar, Waliyul Maulana (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Afriadi, Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis game Educandy terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Model TGT menggabungkan unsur permainan, turnamen, dan kerja tim yang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kompetitif, dan kolaboratif. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan microsoft excel dan uji normalitas, homogenitas, uji t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model TGT berbasis Educandy mengalami peningkatan minat belajar secara signifikan, dari nilai rata-rata pretest 51,9 menjadi 72,2 pada posttest. Sementara itu, kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional hanya mengalami sedikit peningkatan, dari 51,2 menjadi 52,2. Uji-t independen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model TGT berbasis game Educandy terhadap minat belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...