Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis game Educandy terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Model TGT menggabungkan unsur permainan, turnamen, dan kerja tim yang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kompetitif, dan kolaboratif. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan microsoft excel dan uji normalitas, homogenitas, uji t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model TGT berbasis Educandy mengalami peningkatan minat belajar secara signifikan, dari nilai rata-rata pretest 51,9 menjadi 72,2 pada posttest. Sementara itu, kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional hanya mengalami sedikit peningkatan, dari 51,2 menjadi 52,2. Uji-t independen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model TGT berbasis game Educandy terhadap minat belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025