JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Desain Evaluasi dan Tindak Lanjut Temuan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Shalahudin, Shalahudin (Unknown)
Kusnadi, Edy (Unknown)
Sakur , Ahmad Khoiron Abdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain evaluasi dan pelaksanaan tindak lanjut hasil evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Merangin. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain evaluasi mengakomodasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui beragam instrumen, seperti tes tertulis, observasi sikap, dan penilaian praktik keagamaan. Tindak lanjut dilaksanakan melalui program remedial, pengayaan, serta keterlibatan orang tua. Kendala utama meliputi keterbatasan waktu, beban administrasi, dan sarana penunjang. Namun, komitmen guru dan dukungan pihak madrasah menjadi faktor kunci keberhasilan. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru secara berkelanjutan, pemanfaatan teknologi dalam evaluasi, serta penguatan kolaborasi antara sekolah dan keluarga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...