Salah satu permasalahan penelitian dalam pengajaran bahasa Arab adalah sebagian siswa SMP Islam Negeri 6 Agam merasa bahwa bahasa Arab itu sulit dan membosankan, serta tidak dapat berkonsentrasi ketika guru memulai pelajaran. Terutama dalam keterampilan berbicara bahasa Arab, mereka sering merasa terintimidasi ketika diminta berbicara. Selain itu, kurangnya sumber belajar untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh buku bergambar terhadap pengajaran keterampilan berbicara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Negeri 6 Agam. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dan desain eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimen. Bentuk desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan buku bergambar tidak mempengaruhi hasil belajar siswa SMP Islam Negeri 6 Agam. Analisis data juga menunjukkan bahwa tingkat signifikansi (Sig) kurang dari 0,05, yaitu sebesar 0,037 (kurang dari 0,05), dan nilai t tabular lebih kecil dari nilai t aritmatika, yaitu sebesar 0,432 (kurang dari 1,999).
Copyrights © 2025