Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi serta permasalahan dalam pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Cibiru 06 sebagai salah satu implementasi kebijakan pendidikan di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Cibiru 06 te lah menerapkan beberapa inovasi, seperti pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan data guru melalui aplikasi Dapodik dan ARKAS, serta pengembangan kompetensi guru melalui kegiatan rutin seperti komunitas belajar (kombel) dan platform Merdeka Mengajar (PMM). Namun, masih ditemukan sejumlah kendala, seperti keterbatasan sistem penghargaan guru, rekrutmen yang tidak serentak, serta belum optimalnya struktur organisasi sekolah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan kebijakan yang lebih sistemik dan insentif yang memadai untuk memperkuat kualitas dan motivasi guru di sekolah dasar.
Copyrights © 2025