JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Inovasi dan Permasalahan dalam Pengelolaan Pendidik di Sekolah Dasar: Studi Kasus SDN Cibiru 06

Ruwaidah, Ai Ira Siti (Unknown)
Fitriani, Feni (Unknown)
Aulia, Naifa Fae (Unknown)
Nurfadillah, Yoane Siti (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi serta permasalahan dalam pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Cibiru 06 sebagai salah satu implementasi kebijakan pendidikan di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Cibiru 06 te lah menerapkan beberapa inovasi, seperti pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan data guru melalui aplikasi Dapodik dan ARKAS, serta pengembangan kompetensi guru melalui kegiatan rutin seperti komunitas belajar (kombel) dan platform Merdeka Mengajar (PMM). Namun, masih ditemukan sejumlah kendala, seperti keterbatasan sistem penghargaan guru, rekrutmen yang tidak serentak, serta belum optimalnya struktur organisasi sekolah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan kebijakan yang lebih sistemik dan insentif yang memadai untuk memperkuat kualitas dan motivasi guru di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...