Perbedaan individu dalam pendidikan merupakan realitas yang kompleks yang memengaruhi proses dan hasil pembelajaran. Artikel ini menggunakan metode studi literatur kualitatif untuk menelaah berbagai konsep, teori, dan hasil penelitian terkait pemahaman perbedaan individu dan implikasinya terhadap kebijakan pendidikan. Hasil kajian menegaskan pentingnya pengakuan keberagaman peserta didik dalam merancang kebijakan yang inklusif, adaptif, dan responsif guna mengoptimalkan potensi belajar setiap individu. Implikasi kebijakan meliputi pengembangan metode pembelajaran diferensiasi, pelatihan guru yang memadai, serta penyediaan sumber daya yang mendukung lingkungan belajar inklusif. Studi ini menyarankan perluasan dukungan kebijakan agar dapat mengatasi tantangan praktis dalam implementasinya. Dengan demikian, pemahaman yang holistik tentang perbedaan individu akan memperkuat kualitas pendidikan dan pemerataan kesempatan belajar di berbagai konteks pendidikan.
Copyrights © 2025