JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 091608 Sinaksak

Sirait, Maria (Unknown)
Siagian, Asister Fernando (Unknown)
Simamora, Aprido Bernando (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipas Siswa Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperiemental jenis One-Group Pretest-Posttest. Analisis data bersifat kuantitatif, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi penelitian di kelas V SD Negeri 091608 Sinaksak yang berlokasi di Jl. Medan, KM 10 Sinaksak. Sampel dalam penelitian ini diambil di satu kelas yang digunakan sebagai kelas One Group sehingga yang menjadi sampel di penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 091608 Sinaksak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian dapat diperoleh dari tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan nilai rata-rata pretest berjumlah 49,71 dan nilai rata-rata posttest berjumlah 82,5. Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,63 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...