JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Metode Guided Writing berbantuan Media Flashcard Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV SD Negeri Tulangampiang

Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Chindytia, Chindytia (Unknown)
Septiari, Ni Made Dwi Merta (Unknown)
Utami, Ni Kadek Ayu Sri (Unknown)
Pradnyana, Ida Bagus Manuangga (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Kemampuan menulis merupakan keterampilan dasar penting untuk mengekspresikan ide secara terstruktur dan komunikatif. Namun, banyak siswa sekolah dasar masih kesulitan menulis narasi secara runtut, padu, dan sesuai kaidah kebahasaan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV melalui media flashcard cerita berbasis metode guided writing. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Pada tahap pra tindakan, hanya 6 siswa (20%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara 24 siswa (80%) belum tuntas. Kesulitan utama meliputi pemilihan kata, struktur cerita, serta penggunaan tanda baca dan ejaan. Tindakan dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I, siswa menulis berdasarkan flashcard cerita yang mencakup tokoh, latar, dan situasi, dengan hasil 17 siswa (56,7%) mencapai KKM. Pada siklus II, bimbingan diperkuat dengan contoh konkret dan penekanan pada unsur naratif. Hasil akhir menunjukkan 26 siswa (86,7%) tuntas. Pendekatan ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...