JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI

Nabila, Nurul (Unknown)
Syafitri, Lely (Unknown)
Bahri, Saiful (Unknown)
Nurdalillah, Nurdalillah (Unknown)
Purba, Mika Oktavia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang difasilitasi oleh Quizizz dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kelas sebelas di SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan 36 siswa dari kelas XI Adam Malik di SMA Negeri 15 Medan selama tahun ajaran 2024/2025, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh Quizizz. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan observasi. Analisis mengungkapkan bahwa banyak siswa yang mencapai keberhasilan dalam tes awal tidak ada. Pada siklus I, 12 siswa mencapai tingkat prestasi belajar, mewakili 33,33% dari 36 siswa. Pada siklus II, ada peningkatan 47,23%, yang setara dengan 29 siswa yang mencapai tingkat keberhasilan belajar 80,56%. Persentase rata-rata kinerja siswa pada penilaian pemecahan masalah matematika meningkat sebesar 13,37%, dari 72,35% (cukup baik) pada penilaian I menjadi 85,72% (baik) pada penilaian II. Hasil pengamatan pada Siklus I dan Siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut dikategorikan baik. Pembelajaran ini dinilai berhasil berdasarkan penanda keberhasilan penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...