JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Membangun Kepemimpinan Etis Melalui Mindfulness

Adyanti, Vita Ayu Retna (Unknown)
Frans, Jesslyn Dorina (Unknown)
Nata, Pramudita Mei (Unknown)
Kabri, Kabri (Unknown)
Nyanasuryanadi, Partono (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran mindfulness dalam membangun kepemimpinan etis dan pembentukan karakter individu, dengan fokus pada konteks pendidikan, pengabdian masyarakat, dan budaya. Mindfulness, yang mengutamakan kesadaran diri dan kontrol emosional, terbukti meningkatkan kemampuan pemimpin untuk membuat keputusan yang adil dan bijaksana, serta memperkuat hubungan interpersonal. Dalam konteks pendidikan, mindfulness, ketika digabungkan dengan nilai-nilai pedagogi reflektif, memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter mahasiswa. Selain itu, praktik suluk dalam budaya Melayu menunjukkan pentingnya spiritualitas sebagai sarana transformasi diri dan pengembangan karakter. Temuan ini menekankan bahwa mindfulness, sebagai alat pengembangan diri, dapat memperkuat identitas budaya dan meningkatkan kualitas kepemimpinan etis yang berlandaskan nilai moral dan spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...