Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan moral peserta didik. Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) hadir sebagai lembaga nonformal yang memperkuat pendidikan agama di luar sekolah formal. Pelaksanaan pembelajaran PAI di MDTA perlu dikaji untuk melihat efektivitas metode dan media yang digunakan dalam menyampaikan nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan media pembelajaran PAI yang diterapkan di MDTA Al-Jama’iyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah, praktik langsung, hafalan (muroja’ah), dan pendekatan individual digunakan secara efektif. Media yang digunakan masih bersifat konvensional seperti buku dari Departemen Agama. Kendala utama dalam pembelajaran adalah keberagaman kemampuan siswa dan keberadaan siswa berkebutuhan khusus. Guru mengatasi kendala tersebut dengan pendekatan individual dan perhatian khusus. Pembelajaran PAI di MDTA tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga membentuk akhlak dan karakter siswa secara menyeluruh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025