JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Experiential dan Digital Marketing terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Moderasi di Batik Kauman

Kurniadi, Vanessa Pascalia (Unknown)
Tresnawati, Valentina (Unknown)
Tarafi, Lutifah Nur (Unknown)
Istiqomah, Nabila Nur (Unknown)
Pratama, Aditya (Unknown)
Zakiya, Nadiya Fikriyatuz (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh experiential marketing dan digital marketing terhadap loyalitas pelanggan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel moderasi, dalam konteks industri kerajinan tradisional di Kampung Batik Kauman. Masalah difokuskan pada bagaimana peran strategi pemasaran berbasis pengalaman dan digital dapat membentuk loyalitas pelanggan, serta apakah kepuasan pelanggan mampu memperkuat hubungan tersebut. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari konsep experiential marketing, digital marketing, loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan sebagai variabel moderasi. Data-data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS. Kajian ini menyimpulkan bahwa experiential marketing dan digital marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Namun, kepuasan pelanggan tidak terbukti mampu memoderasi pengaruh experiential marketing dan digital marketing terhadap loyalitas pelanggan, yang berarti peran kepuasan sebagai variabel moderasi tidak signifikan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...