JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Optimalisasi Peran Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar: Tinjauan Literatur

Afrianto, Weski (Unknown)
Pebrina, Tri (Unknown)
Sakhriadi, Sakhriadi (Unknown)
Salmawati, Salmawati (Unknown)
Lolita, Vevy (Unknown)
Jendriadi, Jendriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar melalui tinjauan literatur terkini. Pengawas sekolah memiliki fungsi strategis tidak hanya sebagai pengawas administratif, tetapi juga sebagai fasilitator dan agen perubahan yang mendorong profesionalisme guru serta efektivitas implementasi kurikulum. Kajian ini mengidentifikasi beberapa strategi utama untuk mengoptimalkan peran pengawas, antara lain peningkatan kapasitas melalui pelatihan berkelanjutan dan sertifikasi kompetensi, pengurangan beban administratif, pemanfaatan teknologi supervisi digital, serta pendekatan kolaboratif yang melibatkan guru secara aktif. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap tantangan utama yang dihadapi pengawas, seperti keterbatasan sumber daya, resistensi dari guru, dan kurangnya dukungan institusional. Dampak penguatan peran pengawas terbukti signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di pendidikan dasar. Rekomendasi kebijakan yang dihasilkan menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan pengawas sekolah untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung peningkatan mutu secara berkelanjutan. Dengan demikian, optimalisasi peran pengawas sekolah menjadi kunci dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dasar yang berkelanjutan di Indonesia. Studi ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kebijakan dan praktik supervisi pendidikan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...