JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Teknik Focus Group Discussion terhadap Peningkatan Self-Efficacy Anak Remaja Panti X dalam Menyelesaikan Tugas

Florencia, Clarissa (Unknown)
Sari, Meria Permata (Unknown)
Kezia, Kezia (Unknown)
Tasdin, Willy (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Masa remaja merupakan tahap penting dalam perkembangan individu, di mana mereka mulai membentuk jati diri dan menghadapi berbagai tantangan. Untuk dapat mengatasi tantangan tersebut, dibutuhkan self-efficacy yang tinggi, terutama dalam menjalani aktivitas sehari-hari, seperti mengerjakan tugas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi berupa Focus Group Discussion (FGD) terhadap peningkatan self-efficacy anak panti asuhan dalam menyelesaikan tugas sekolah dan tugas sehari-hari. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen melalui pre-test dan post-test. Subjek berjumlah 30 anak berusia 12–20 tahun. Intervensi FGD dilakukan dalam dua sesi yang berisi diskusi dan penyampaian materi mengenai pentingnya self-efficacy. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan self-efficacy yang signifikan setelah intervensi. Temuan ini menunjukkan bahwa FGD merupakan metode intervensi yang efektif untuk meningkatkan self-efficacy anak panti dalam menjalani kegiatan harian mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...