Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskriptif siswa melalui integrasi strategi Think Talk Write (TTW) dan pendekatan Social Emotional Learning (SEL). Penelitian ini dilakukan di Kelas VII UPTD SMP Negeri 6 Kisaran. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Temuan menunjukkan bahwa sebelum intervensi, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengorganisasikan ide, kekurangan kosakata, dan memiliki kepercayaan diri yang rendah dalam menulis. Mereka juga menunjukkan keterlibatan emosional dan kolaborasi yang terbatas. Strategi TTW membantu mereka memproses ide langkah demi langkah. Dari berpikir ke berdiskusi, lalu menulis, sementara pendekatan SEL menciptakan lingkungan kelas yang mendukung dan memotivasi. Pada Siklus II, skor rata-rata meningkat dari 60,1 pada tes awal menjadi 79,3. Pada Siklus II, 19 (90,5%) siswa mencapai skor minimal 75, naik dari 2 (9,5%) pada tes awal. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi TTW dan SEL efektif dalam mengatasi tantangan kognitif dan emosional di kelas menulis. Pendekatan ini direkomendasikan untuk meningkatkan kinerja akademis dan kesejahteraan emosional siswa.
Copyrights © 2025