JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Dampak Keterbatasan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Anak Usia 5 & 6 Tahun di TK Kartini

Khinanti, Luruh Dwi (Unknown)
Angelica, Angelica (Unknown)
Noviana, Karrena (Unknown)
Anggraini, Elya Siska (Unknown)
Simaremare, Aman (Unknown)
Rambe, Fitri Ananda (Unknown)
Manurung, Angelina (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keterbatasan media pembelajaran terhadap hasil belajar anak di TK Kartini. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan media pembelajaran memberikan dampak negatif signifikan terhadap perkembangan anak. Sebanyak 75% anak mengalami kesulitan memahami konsep abstrak, 58% mengalami kesulitan dalam matematika dasar, dan 42% mengalami keterlambatan perkembangan bahasa. Keterbatasan ini juga mempengaruhi perkembangan motorik halus dan sosial-emosional anak. Faktor penyebab utama adalah keterbatasan anggaran (hanya 15% dialokasikan untuk media pembelajaran) dan minimnya dukungan orang tua (30%). Penelitian ini merekomendasikan peningkatan alokasi anggaran dan partisipasi aktif orang tua dalam mendukung pengadaan media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...