JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Kesenjangan antara Nilai Akademik PAI dan Praktik Nilai Islam dalam Prilaku Siswa

Afifa, Erlina Laily Nur (Unknown)
Saman, Miss Fatihah (Unknown)
Abdullah, Shodiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesenjangan antara pencapaian nilai akademik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan implementasi nilai-nilai Islam dalam perilaku sehari-hari siswa. Fenomena ini menunjukkan bahwa keberhasilan kognitif siswa dalam PAI tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas sikap dan karakter yang ditampilkan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur dari berbagai sumber yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kesenjangan tersebut disebabkan oleh tiga kecenderungan utama, yaitu: dominasi evaluasi yang berfokus pada aspek kognitif, penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif dan kontekstual, serta kurangnya pemanfaatan evaluasi sebagai sarana pembinaan karakter siswa. Evaluasi pembelajaran yang hanya menekankan pada aspek pengetahuan membuat siswa cenderung menghafal tanpa menginternalisasi nilai. Di samping itu, kurangnya keteladanan guru dan lemahnya lingkungan sekolah serta keluarga dalam mendukung internalisasi nilai juga menjadi faktor penghambat. Oleh karena itu, dibutuhkan perbaikan sistem evaluasi dan strategi pembelajaran yang lebih holistik, integratif, dan kontekstual. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan evaluasi PAI yang tidak hanya bersifat akademik, tetapi juga membentuk akhlak dan kepribadian religius siswa. Kajian lanjutan dengan pendekatan empiris sangat dianjurkan untuk memperkuat temuan ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...