JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Keterampilan Diskusi melalui Analisis Cerita Rakyat Nusantara dengan Model Think-Pair-Share pada Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Tembuku

Chindytia, Chindytia (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Dharmayanti, Ni Made Sri Dewi (Unknown)
Putri, Ni Putu Diah Agustina (Unknown)
Wiranata, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tembuku dengan tujuan untuk mengevaluasi implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share yang mengintegrasikan analisis cerita rakyat Nusantara sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah model ADDIE, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think-Pair-Share dapat meningkatkan keterampilan diskusi siswa, yang meliputi kemampuan berkomunikasi dengan jelas, menyampaikan ide secara terstruktur, serta mendengarkan pendapat orang lain. Selain itu, penggunaan cerita rakyat Nusantara sebagai media pembelajaran menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, relevan, dan bermakna. Cerita rakyat tidak hanya melatih kemampuan berpikir kritis siswa, tetapi juga memperkenalkan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar pendekatan ini diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, berpikir kritis, dan kolaborasi di kalangan siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...