JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Pada Materi Sifat-sifat Bunyi di SD Negeri No. 102125 Dolok Merawan

Sintya, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar IPA kelas V pada materi sifat-sifat bunyi di SD Negeri No. 102125 Dolok Merawan. Hasil belajar siswa khususnya kelas V pada materi sifat-sifat bunyi masih tergolong rendah, dilihat dari hasil observasi awal bahwa rendahnya hasil belajar siswa karena beberapa faktor, seperti kurangnya minat belajar, kurang fokus saat belajar, siswa malas dalam belajar, serta kurangnya dukungan orang tua dalam membimbing dan memotivasi anak untuk belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental berupa one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 27 siswa kelas V SD Negeri No. 102125 Dolok Merawan dengan 14 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) berbentuk 20 soal pilihan ganda yang sebelumnya telah diujicobakan di SD Negeri 102123 Dolok Merawan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan, di mana nilai rata-rata pre-test sebesar 47,79 meningkat menjadi 86,11 pada post-test setelah penerapan metode demonstrasi. Dilihat dari uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi (sig) yaitu 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar IPA kelas V pada materi sifat-sifat bunyi di SD Negeri No. 102125 Dolok Merawan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...