Penelitian ini membahas strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan perkembangan anak secara optimal. Kepala sekolah sebagai pemimpin dituntut untuk mampu mengelola sumber daya manusia dan sarana prasarana secara efektif, membina kompetensi guru, serta menerapkan pendekatan kepemimpinan yang demokratis dan partisipatif. Selain itu, inovasi dalam metode pembelajaran dan komunikasi yang intensif dengan orang tua serta masyarakat menjadi faktor pendukung keberhasilan pengelolaan PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang mengintegrasikan aspek manajerial, edukatif, dan sosial secara berkelanjutan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung tumbuh kembang anak. Dengan demikian, kepemimpinan kepala sekolah yang efektif menjadi kunci utama dalam mewujudkan PAUD berkualitas sebagai fondasi pendidikan anak selanjutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025