JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pendidikan Keluarga sebagai Pilar Peradaban Islam: Menelisik Relevansi Pemikiran Hasan Langgulung dalam Konteks Global

Hanifa, Azzahra Sabrina (Unknown)
Baidi, Baidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Hasan Langgulung mengenai pendidikan Islam dalam keluarga serta relevansinya di era digital dan globalisasi. Hasan Langgulung merupakan salah satu cendekiawan Muslim yang pemikirannya banyak berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam yang integratif dan holistik. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data diperoleh dari karya-karya Hasan Langgulung serta literatur pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam dalam keluarga menurut Hasan Langgulung harus mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dengan peran orang tua sebagai pendidik utama melalui metode keteladanan, pembiasaan, dialog, nasehat, dan evaluasi. Selain itu, pendidikan keluarga harus dimulai sejak dini dan dilakukan secara sistematis untuk membentuk karakter anak yang beriman, berakhlak mulia, dan cerdas. Dalam konteks era digital dan globalisasi, pemikiran Hasan Langgulung tetap relevan karena menekankan pentingnya penguatan nilai-nilai Islam, pengawasan terhadap penggunaan media digital, serta pembentukan kecerdasan spiritual untuk menyaring informasi. Dengan demikian, pendidikan Islam dalam keluarga menjadi benteng utama dalam membentuk generasi Muslim yang tangguh menghadapi tantangan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...