JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Kandungan Pendidikan Multikultural dalam Silabus PAI dan BP Madrasah Ibtidaiyah/SD

Lestari, Cindy Ayu (Unknown)
Suriyani, Irma (Unknown)
Desni, Irma (Unknown)
Nasution, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan pendidikan multikultural dalam silabus Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah/SD. Kajian ini menyoroti bagaimana nilai-nilai seperti toleransi, keadilan, dan persaudaraan terintegrasi dalam kompetensi dasar, materi ajar, dan strategi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa silabus PAI dan BP telah memuat nilai-nilai multikultural secara eksplisit maupun implisit, meskipun masih diperlukan penguatan dalam aspek metode dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan desain pembelajaran berbasis multikultural serta peningkatan kapasitas guru dalam menerapkan pendidikan yang inklusif dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...