Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 5 No. 2 (2025): Juni 2025

Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa Pada Materi Program Linear

Maheswari, Nasywa Ayu (Unknown)
Nurul Lathifah, Dewi (Unknown)
Hanifa, Arina (Unknown)
Felia Dwi Martha, Vivi (Unknown)
Somakim, Somakim (Unknown)
Ramadhan, M. Hasbi (Unknown)
Sukma, Yovika (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Kemampuan representasi matematika memegang peranan krusial dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah program linear. Sayangnya, beragam penelitian mengungkap beragam hasil terkait kemampuan representasi matematis siswa pada Program Linear. Systematic Literature Review (SLR) terhadap 11 artikel terbitan 2021-2025, berfokus pada siswa kelas XI, menyoroti dominasi representasi simbolik yang lebih dikuasai, sementara representasi visual dan verbal masih menjadi kendala. Faktor-faktor seperti gaya belajar, minat, dan pola pikir siswa terbukti signifikan memengaruhi kemampuan representasi ini. Lebih lanjut, model pembelajaran inovatif seperti Connected Mathematics Project (CMP) menunjukkan keunggulan dibandingkan metode konvensional. Temuan ini menggarisbawahi urgensi penerapan strategi pembelajaran yang kontekstual, interaktif, dan adaptif terhadap karakteristik siswa demi meningkatkan kemampuan matematis siswa pada materi program linear.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...