CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 02 (2025): Mei - Juli

PKM Pengolahan Jagung Menjadi Cemilan JAARAS (Jagung Aneka Rasa)

Putrawan, Muh. Rizah (Unknown)
Jalaluddin Rumi (Unknown)
Herwan Hisanan (Unknown)
Irfan Yunus (Unknown)
Mas’ud Uqbah Al Ansyari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Jagung merupakan komoditas penting di Indonesia dengan berbagai pemanfaatan dan nilai ekonomi yang signifikan. Jagung memiliki berbagai pemanfaatan, mulai dari konsumsi langsung, industri bahan makanan, bahan baku pangan, hingga bahan baku energi seperti bioetanol. Permintaan jagung terus meningkat dari tahun ke tahun yang menunjukkan pentingnya komoditas ini dalam memenuhi kebutuhan pangan dan industri. Nilai ekonomi jagung terbilang cukup tinggi karena jagung menjadi salah satu sumber pendapatan bagi petani dan industri pengolahan. Selain itu, jagung juga berperan dalam ketahanan pangan dan energi nasional. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi ceramah, tanya jawab atau diskusi, dan pelatihan. Adapun hasil yang didapatkan yaitu (1) Pelatihan Cemilan JAARAS (Jagung Aneka Rasa) direspon dengan baik oleh peserta; (2) Minat dan motivasi yang tinggi dari peserta pelatihan sangat menunjang transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan dari pengabdi kepada peserta pelatihan, sehingga materi pelatihan yang diberikan dapat terserap semua; dan (3) Produk pelatihan pembuatan Cemilan JAARAS (Jagung Aneka Rasa) dapat dikonsumsi sehari-hari dan dapat dijadikan sebagai produk berwirausaha.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CITAKARYA

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Citakarya merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cita Konsultindo yang mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurnal ABDIMAS merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan ...