Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Penggunaan Ragam Bahasa Hormat dalam Anime Kumichou Musume to Sewagakari

Zulkifli, Zulkifli (Unknown)
Aibonotika, Arza (Unknown)
Nasution, Yenny Aristia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Bahasa Jepang dikenal sebagai salah satu bahasa yang memiliki sistem tingkatan bahasa salah satunya ragam hormat (keigo) yang kompleks dan terstruktur. Ragam ini tidak hanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari namun juga dalam karya animasi seperti anime. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah anime berjudul Kumichou musume to sewagakari yang berjumlah 12 episode. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa buku atau artikel dengan tema serupa. Ditemukan sebanyak 29 data yang merupakan ragam hormat (keigo) dalam anime ini dengan klasifikasi sonkeigo (22 data), kenjougo (5 data) dan sonkeigo (2 data). Selanjtnya faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan keigo dalam anime ini adalah faktor hubungan sosial, keakraban, status sosial, keanggotaan kelompok, jenis kelamin, dan situasi. Berdasarkan hasil analisis terhadap percakapan dalam anime kumichou no musume to sewagakari, disimpulkan bahwa ragam bahasa hormat sonkeigo, kenjougo, dan teineigo digunakan secara aktif oleh para tokoh untuk mencerminkan kesopanan, hierarki sosial, serta hubungan interpersonal yang khas dalam budaya Jepang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...