Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pembelajaran Tari Munai Serapah pada Ekstakurikuler Seni Tari di SMAN 1 Banyuasin 1

Triyani, Ida (Unknown)
Setyaningrum, Naomi Diah Budi (Unknown)
Kurniawan, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Tari Munai Serapah dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Banyuasin 1. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan berlangsung secara terstruktur mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Guru berperan aktif sebagai pelatih dengan metode yang memudahkan siswa memahami gerakan tari. Siswa menunjukan atusiasme tinggi, terlihat dari semangat mereka dalam berlatih baik di sekolah maupun secara mandiri. Kegiaan ini tidak hanya mengasah keterampilan seni, tetapi juga meningkatkan kerja sama, disiplin, dan kepercayaan diri. Evaluasi praktik menunjukkan Sebagian besar siswa menguasai tari dengan baik meskipun terdapat keterbatasan faslitas. Secara keseluruhan proses pembelajaran bejalan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...