Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Pengembangan Karakter Spiritual Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Bermakna di RA Alwashliyah Meranti Asahan

Wiranti, Wiranti (Unknown)
Rahman, Mhd. Habibu (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan karakter spiritual anak usia dini melalui pembelajaran bermakna di RA Alwashliyah Meranti Asahan. Karakter spiritual merupakan aspek penting dalam perkembangan anak yang mencakup nilai-nilai religius, seperti keimanan, kepatuhan dalam beribadah, kejujuran, dan sikap saling menghargai. Pendekatan pembelajaran bermakna digunakan sebagai strategi utama, di mana materi disampaikan secara kontekstual, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bermakna yang diterapkan oleh guru mampu menumbuhkan karakter spiritual anak secara signifikan. Anak-anak mulai menunjukkan perubahan positif dalam perilaku sehari-hari, seperti membiasakan diri berdoa, menunjukkan rasa syukur, serta bersikap jujur dan santun. Keberhasilan ini didukung oleh peran aktif guru, suasana pembelajaran yang kondusif, serta kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua. Penelitian ini merekomendasikan agar pendekatan pembelajaran bermakna terus dikembangkan sebagai metode efektif dalam membentuk karakter spiritual anak sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...