Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pendidikan Estetika Melalui Teater Tradisional: Revitalisasi Nilai Budaya Lokal di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Jambi

Handayani, Lusi (Unknown)
Pramasheilla, Dinda Assalia Avero (Unknown)
Utami, Yhovy Hendricasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran teater tradisional sebagai media pembelajaran estetika sekaligus strategi revitalisasi nilai budaya lokal di sekolah menengah atas. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) N 7 Provinsi Jambi yang menerapkan pembelajaran seni pertunjukan tradisional. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek apresiasi budaya, ekspresi diri, kerja sama, dan pemahaman nilai moral, dengan skor tertinggi pada apresiasi budaya dan pemahaman dengan nilai (3,97). Kegiatan teater memberikan ruang ekspresi kreatif, membangun empati sosial, serta memperkuat identitas kultural siswa. Selain berdampak pada peserta didik, pembelajaran ini juga memperkaya praktik pedagogik guru dan mendorong keterlibatan komunitas seni lokal. Temuan ini menegaskan bahwa teater tradisional efektif sebagai pendekatan pembelajaran kontekstual dalam Kurikulum Merdeka dan sebagai strategi pelestarian budaya yang relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...