Era disrupsi menuntut pendidikan untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat, kompleks, dan tidak terduga. Pendidikan Islam tidak dapat hanya menyampaikan doktrin agama secara normatif, tetapi harus mampu membentuk insan yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia yang siap menghadapi tantangan zaman. Reaktualisasi teologi Islam menjadi sangat penting sebagai landasan konseptual dalam mewujudkan pendidikan holistik yang memadukan aspek spiritual, intelektual, dan moral. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji urgensi reaktualisasi teologi Islam dalam membangun paradigma pendidikan yang holistik di era disrupsi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil kajian menunjukkan bahwa reaktualisasi teologi Islam dapat memberikan kerangka yang integratif dan transformatif dalam pendidikan, yang menekankan keseimbangan antara hablum minallah, hablum minannas, dan hablum minal ‘alam. Pendidikan holistik berbasis teologi Islam ini diharapkan mampu mencetak generasi yang adaptif, kolaboratif, dan berakhlak dalam menghadapi era disrupsi.
Copyrights © 2025