Peningkatan kinerja guru menjadi langkah strategis untuk membentuk generasi yang tangguh dan mampu bersaing secara global. Dalam konteks pembangunan bangsa, guru dengan kinerja tinggi adalah aset yang sangat berharga. Perhatian terhadap peningkatan kinerja guru tidak hanya menjadi tugas pribadi, melainkan tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa. Tanpa guru yang profesional, berdedikasi, dan berprestasi, cita-cita meningkatkan mutu pendidikan akan sulit tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan dan memahami secara mendalam bagaimana adaptabilitas emosional, sistem penjaminan mutu sekolah, serta penerapan gamifikasi memengaruhi kinerja guru. Sebanyak 30 informan, yang terdiri dari guru dan kepala sekolah dari berbagai jenjang pendidikan, dipilih secara purposive. Kesimpulan penelitian menunjukkan seluruh variabel adaptabilitas emosional, sistem penjaminan mutu dan penerapan gamifikasi dalam proses pembelajaran memberikan dampak terhadap kinerja guru. Manajemen sekolah perlu memberikan dukungan menyeluruh baik dalam aspek pengembangan kompetensi emosional guru, penguatan sistem mutu, maupun penyediaan pelatihan dan fasilitas yang mendorong inovasi pembelajaran.
Copyrights © 2025