Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dokumen pada Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo. Judul tesis ini diangkat berdasarkan permasalahan yaitu masih adanya anggota masyarakat yang beranggapan bahwa sebagian besar kemampuan petugas pelayanan tersebut kurang dalam hal kecepatan dalam melayani masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dan lokasi penelitian adalah penduduk yang mendaftarkan dokumen sipilnya pada Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wajo. Uji reliabilitas dan validitas dalam penelitian ini digunakan untuk menilai keabsahan kuesioner penelitian, sedangkan uji t dilakukan untuk mengetahui apakah variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Pegawai berpengaruh lemah atau tidak signifikan terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan variabel sebesar 9,7%.
Copyrights © 2025